Saturday, December 28, 2013


(1)                      Text Box: BAB 3                                                       Benua
Eropa
 


Pendahuluan
Eropa memiliki sejarah kebudayaan dan ekonomi yang panjang, dimulai dari Palaeolitik. Penemuan terakhir di Monte Poggiolo, Italia, dari ribuan batuan buatan tangan yang ditanggal karbon sejauh 800.000 tahun lalu, memberikan sebuah bukti penting. Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Benua Eropa adalah semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan    Ural. Secara geografis, Eropa sebenarnya bukanlah suatu benua, namun dari kemajuan budaya dan peranannya yang menonjol, maka Eropa dapat berdiri sendiri sebagai suatu kawasan benua.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgU8hyIWOo3VRfUNWGtXCja8w6nCe2NWWOFJlrkZLuhQGxLzB-W7xbY1dPsoUGHFONpNlbAM9KShIaPk5kZq7XnL4gNk0Cpq-1YttuFgfGHUZ0pu65_noxKvcDlw7XyOE5r2HPZS3ySB9g/s320/eropa.jpg

A.  Batas-batas Benua Eropa
Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan negara Turki.
Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
B.  Letak Astronomis
Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara ± 10° BB - 59° BT dan ± 71° LU - 35° LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai ± 10.355.000 km² (± 6,5 % luas wilayah daratan dunia).

C.  Bentang Alam Benua Eropa
1.      Pegunungan dan gunung di Benua Eropa
Nama Gunung
Letak
Pegunungan Norwegia
Pegunungan Alpen


Pegunungan kaukasus

Pegunungan Ural

Gunung Galdhopigen
Gunung Mount Blanc
Gunung Elbrus
Norwegia
Italia, Prancis, Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman dan Slovenia
Utara dan selatan melewati bagian barat Rusia
Norwegia
Prancis dan Italia
Rusia

2.      Gurun di Benua Eropa
Nama Gurun
Letak
Halendi
Gurun Bledow
Deliblatska Pescara
Gurun Oltenia
Gurun Tabernas
Gurun Accona
Islandia
Polandia
Serbia
Oltenia
Spanyol
Italia

3.      Danau di Benua Eropa
Nama Danau
Letak
Danau Vattern
Danau Vanem
Danau Hyalmaren
Danau Stasyon
Danau Swedia
Danau Orevessi
Danau Paulavessi
Danau Ouluyami
Danau Inari
Danau Onega                  
Danau Ladoga
Danau saimaa
Swedia
Swedia
Swedia
Swedia
Swedia
Swedia
Finlandia
Finlandia
Finlandia
Rusia
Rusia
Finlandia

4.      Sungai di Benua Eropa
Nama Sungai
Letak
Sungai Rhein

Sungai Elbe
Sungai Dapude
Sungai Loire
Sungai Ruhr
Sungai Uber
Sungai Weiche
Swis, Austria, Prancis, dan Jerman
Jerman
Jerman
Prancis
Prancis
Polandia
Polandia

5.      Pulau-pulau besar di Benua Eropa
Nama Pulau
Letak
Pulau Green Land
Pulau Britania Raya
Pulau Sakhalin
Pulau Severn
Pulau spitsbergen
Denmark
Inggris
Rusia
Rusia
Norwegia


D.  Keadaan Iklim Benua Eropa
Eropa merupakan benua yang terletak di lintang tinggi, sehingga terletak di kawasan beriklim sedang hingga dingin, bahkan ada wilayahnya di bagian Utara yang telah masuk lingkaran Kutub Utara. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa mempunyai kondisi iklim berikut ini.
·      Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yang mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.
·      Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.
·      Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat.
·      Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin.

E.  Keadaan Sosial dan Kependudukan Benua Eropa
Sebagian besar penduduk Eropa merupakan bangsa-bangsa dari Ras Kaukasoid yang berkulit putih dan berambut pirang. Hal ini menjadi ciri khas Benua Eropa dan membedakan dari benua lain. Penduduk ini dapat dibedakan menjadi lima kelompok yaitu:
·      Suku bangsa Nordik: bermata biru dan berambut sangat pirang. Mereka tinggal diwilayah utara  yaitu Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia.
·      Suku bangsa Alpina: bermata coklat dan berambut pirang. Mereka tinggal diwilayah tengah, seperti Perancis, Swiss dan Belgia.
·      Suku bangsa Mediteran : Bermata agak kecoklatan, dan berambut hitam bergelombang. Mereka tinggal di italia, Yunani,dan Spanyol.
·      Suku bangsa Slavia : Bermata Abu-abu Biru, rambut pirang keputih-putihan. mereka tinggal di Bulgaria, Rusia, Slovakia, dan yugoslavia.
·      Suku bangsa Dinara : Berambut Gelap, suku bangsa ini tinggal di Rumania.

F.   Negara-negara di Benua Eropa
1.      Eropa Barat
Negara
Ibu Kota
Inggris
Belanda
Perancis
Belgia
Luksemburg
Irlandia
Jerman
London
Amsterdam
Paris
Brussel
Luksemburg
Dublin
Berlin 

2.      Eropa Tengah
Negara
Ibu Kota
Swiss
Eko
Slovakia
Polandia
Hungaria
Austria
Kroasia
Kosovo
Montenegro
Bosnia Herzegovina
Bern
Praha
Bratislava
Warsawa
Budapes
Ina
Zagreb
Pristina
Podgorica
Sarajevo

3.      Eropa Timur
Negara
Ibu Kota
Bulgaria
Georgia
Lituania
Rumania
Ukrania
Rusia
Moldova
Estonia
Latvia
Belarusia
Sofia
Tbilisi
Vilnius
Bukares
Klev
Moskow
Kishinau
Tailin
Riga
Minsk

4.      Eropa Utara
Negara
Ibu Kota
Swedia
Norwegia
Denmark
Eslandia
Finlandia
Stokholm
Oslo
Kopenhagen
Ray Kjavik
Helsinki


5.      Eropa Selatan
Negara
Ibu Kota
Malta
Albania
Masedonia
Slovenia
Yunani
Spanyol
Italia
Portugal
Vatikan
San Marino
Valletta
Tirana
Skopje
Ljubiana
Athena
Madrid
Roma
Lisabon
Vatikan
San Marino

G.    Deskripsi Beberapa Negara Di Benua Eropa
a)   Inggris
London adalah sebuah kota yang menjadi ebi kota negara Inggris. Negara yang berada di Eropa bagian Barat merupakan bagian dari Britania Raya disebut juga England  karena berasal dari kata Angles dari suku Jermanik menetap Diana pada abad ke-5 dan ke-6. Negara ini dikenal dengan sebutan The Black Country dan Negeri Raja.









(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Inggris
Inggris merupakan negara yang terkenal 85% didunia, dengan kejayaan masa dulunya yang hampir menguasai setengah dunia. Memiliki letak astronomis diantara 500 LU-600 LU dan 80 BB-20 BT, secara geografis terletak sebelah barat daratan Eropa yang tergolong strategis karena letaknya diantara jalur transportasi dan perdagangan antara Eropa dan benua Amerika dengan luas negara ini sebesar ± 244.820 km2.
(2)   Bentang Alam
Keadaan aum berupa pegunungan dan dataran rendah. Di negara Inggris terdapat pegunungan Reninne, negara bagian Scotlandia terdapat pegunungan Cambrian, Ulster terdapat pegunungan Grampian, di Irlandia terdapat pegunungan Antrim. Dikota London terdapat jam terkenal di dunia yaitu Bg Ben. Dan terdapat kota yang Ma jadi patokan jam di dunia yaitu Greenwich hal ini karena berada di garis meridian 00.
(3)   Iklim
Iklim di Inggris adalah subtropis (sedang). Dipengaruhi oleh iklim laut sejuk dan basah dengan memiliki empat musim didalamnya, seperti musim semi, panas, gugur dan dingin. Musim semi dimana pohon-pohon mulai bersemi, muhsin panas berkisar 12-270 C dan musim dingin dengan kisaran 4-50 C.
(4)   Kota-kota Penting
London merupakan ibu kota negara Inggris dan kota pusat kebudayaan dan ekonomi dan politik kota ini terletak di bagian Inggris Selatan, Brimingham merupakan pusat industri berat dan terletak di bagian tenggara Inggris, Coventry kota pusat industri mobil dan sepeda, Leeds kota pusat industri wol, Glasglow merupakan pusat industri lokomotif, Aldeburgh merupakan kota yang menjadi tempat diselenggarakannya musik tahunan (The Alderbught Festival), Canterbury merupakan kota kuno yang terdapat gereja gotik, dan kota Greenwich kota yang menjadi pedoman waktu internasional.
(5)   Penduduk
jumlah penduduknya sebesar 60.000.000 jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 240 jiwa/km2. Sekitar 90% penduduk Inggris tinggal di perkotaan, karena wilayahnya terletak di pos terdepan, dimana mudah mencari pekerjaan. Penduduk asli Inggris disebut orang Inggris, terdiri dari bangsa kalt (Skot, Irlandia, Weish) dan bangsa Jerman (Anglo. Saxon, Jute, Denmark, Norman) dengan kombinasi agama kristen 86% sedangkan Islam, Yahudi, dan Hindu sebesar 8,8%.
(6)   Perekonomian
Inggris adalah salah satu negara yang maju. Sejak digulirkannya revolusi industri maka perekonomian di Inggris semakin lebih baik dan berkembang. Adapun sektor perekonomian di Inggris, yaitu perindustrian (baja, kapal laut, mobil, kereta api, pesawat terbang dan alat elektronik), pertanian (kentang dan sayur mayur), peternakan (babi dan ayam), dan perikanan (haring dan cod).
b)   Belanda
Negara yang mengakui kedaulatannya Indonesia pada tanggal 24 Desember 1949 berada di Eropa Barat. Merupakan negara maju terkecil di dunia, negara tua lahir 1581 berbentuk monarki konstitusional beribukota Amsterdam dengan sebutan negara kincir angin dan bunga tulip.


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSCns89FHIc70UXK3TbPx6PUI1FGsgm1-rRbIA-F204SOmW0WVJ-w










(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Belanda
Belanda terletak di bagian barat laut Eropa. Memiliki letak geografis, sebelah timur Belanda berbatasan dengan Jerman, sebelah selatan berbatasan dengan Belgia, dan sebelah barat berbatasan dengan laut Eropa. Adapun letak astronomisnya adalah 500 45 LU- 530 30’ LU dan 30 30’ – 7’ BT.
(2)   Bentang Alam
Belanda terletak di wilayah Eropa bagian barat. Luas wilayahnya kira-kira 41.875 km2 sebagian wilayahnya tersebut adalah laut yang dikeringkan yang sebagian besar dari laut utara. Sehingga rata-rata wilayah Belanda terdiri dari daratan yang lebih rendah dari permukaan laut jadi daerahnya rawan banjir. Dan terdapat daerah yang tidak terkena banjir adalah Maastrch merupakan daerah paling selatan berbatasan dengan Jerman dan Belgia. Negara ini terkenal dengan negara kincir angin dan bunga tulip.
(3)   Iklim
Belanda memiliki beberapa musim. Musim semi dimulai pada tanggal 21 Maret hingga tanggal 23 September disebut dengan De lente, musim panas dimulai tanggal21 Juni hingga 23 September (De Zomer), musim gugur dimulai tanggal 23 September hingga 21 Desember (De Herfst), dan musim dingin terjadi pada 21 Desember hingga 21 Maret.
(4)   Kota-kota Penting
Kota penting di Belanda diantaranya kota Amsterdam terbentuk pada abad ke 13 yang sebelumnya bernama Amstelledamme) merupakan kota pusat perdagangan dunia dan lalu lintas perjalanan terdapat musim nasional Ryksmuseum, kota Rotterdam merupakan kota pelabuhan laut terbesar di dunia yang terletak di kiri kanan sungai Rhein yang merupakan jalan masuk menuju Eropa dan terdapat jalan-jalan tanah yang dibangun tahun 1968, kota Den Haag merupakan kota terbesar ketiga dan menjadi pusat pemerintahan dan pertemnuan anggota DPR dan tempat tinggal para duta sahabat, dan kota Moderandum merupakan kota miniatur Belanda yang terletak di kota Den Haag.
(5)   Penduduk
Penduduk di Belanda terdiri dari penduduk asli dan imigran. Penduduk asli yaitu suku Frisia, Saksis, dan Sdan Frankis, sedangkan imigrannya datang dari Turki, Maroko, Jerman, dan Suriname.
(6)   Perekonomian
Ekononomi Belanda didukung oleh sektor pertanian, peternakan, perindustrian, pertambangan, dan perdagangan. Pertanian menghasilkan kentang, gandum, anggur, apel, sayuran, dan rami. Peternakannya menghsilkan sapi, iri-biri, dan unggas. Sedangkan industrinya menghasilkan baja, galangan kapal, transportasi dan tekstil. Belanda mengembangkan energi alternatif yaitu pembangkit listrik tenaga angin dengan memanfaatkan kincir angin.
c)    Perancis
Negara yang salah satu kotanya terkenal dengan kota mode dunia ini berada di Eropa Barat. Sebuah negara republik kesatuan yang bersifat semi presidensial yang tidak memiliki Presiden, Perancis terkenal negara romantis karena keeksotisan gadis besi (Eiffel) di negara tersebut. Pada abad ke 18 dan 19 negara ini memiliki daerah kolonial membentang dari Afrika Barat dan Asia Tenggara yang mempengaruhi kebudayaan daerah kolonialnya.















(1)     Letak Geografis dan Astronomis Negara Perancis
Secara geografis Perancis secara geografis sebelah timur Jerman, Swiss, dan Italia, sebelah barat berbatasan dengan teluk Biscay, sebelah utara berbatasan dengan selat Inggris dan Belgia, sebelah selatan Laut Mediterania dan Spanyol. Sedangkan secara astronomis adalah 420 LU-510 LU dan 50 BB-80 BT.
(2)     Bentang Alam
Secara umum bentang alam Perancis terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Wilayah dataran rendah terletak di Perancis bagian Barat terdapat daerah aliran sungai  Garronne dan Loire, dataran tinggi terdapat di wilayah tengah yang disebut Massif Central. Sementara daerah pegunungan terdapat didaerah bagian Selatan dan Timur. Di selatan terdapat pegunungan Pyrene.
(3)     Iklim
Sebagian besar wilayah negara Perancis beriklim laut sedang. Iklim ini sangat cocok sekali untuk kegiatan pertanian. Curah hujan rata-rata berkisar 500-1.200 mm setiap tahunnya, suhu rata-ratanya sekitar 150 C. Suhu rendahnya 90C terjadi di kota Lille, sedangkan suhu tertingginya 19,50 C terjadi di kota Strasbourg.
(4)     Kota-kota Penting
Paris merupakan kota lambang kegembiraan, kecdantikan, dan keluwesan disebut juga kota bercahaya. Selain Paris ada kota berikutnya, seperti kota Marseilles merupakan kota tertua dan pelabuhan laut utama di Perancis, kota Trasbourg merupakan kota kuliner terkenal seperti makanan khasnya yaitu pate de foise gas (masakan hati angsa) dan menjadi markas besar dewan Eropa, kota Cherbourg terdapat menara Abbsy of Mount-Saint Michael yang berumur 10 abad, dan kota Briancon merupakan kota tertinggi di Eropa Barat karena berada di bukit gunung Alpen.

(5)     Penduduk
Jumlah penduduk Perancis pada tahun 2006 ±60.656.178 jiwa. Sebagaian besar penduduk Perancis merupakan penduduk asli yang berkulit putih, sementara yang lain adalah penduduk imigran dari Portugis, Italia, Spanyol, dan Afrika Utara (Aljazair, Maroko dan Mesir). Secara umum penduduk Perancis tinggal di perkotaan, Aris merupakan salah satu kota terkenal di dunia selain sebagai ibu kota, juga terkenal sebagai kota mode dunia dengan menara Eiffel sebagai keajaiban dunia.
(6)     Perekonomian
Keadaan perekonomian negara Perancis didukung oleh sektor pertanian, perikanan, pertambangan, perindustrian dan juga perdagangan. Pertanian memegang peran penting negara Perancis, hasil ekonomi utamanya adalah sereal, asparagus, rami, tembakau dan buah-buahan, Perancis merupakan penghasil anggur terbesar kedua di dunia. Peternakan banyak diusahakan di dataran tinggi dan pegunungan. Sementara hasil industri negara Perancis yang utama adalah pesawat terbang, mobil (otomotif), barang elektronik, dan barang kosmetik seperti parfum.
d)   Slovakia
Beribukota Bratislava merupakan negara yang berada di Eopa Tengah. Negara ini terkunci ditengah negara Eropa lainnya, dahulu bergabung dengan Cekos dan kemudian memisahkan diri pada 1 Januari 1993. Slovakia disebut juga sebagai kristal mungil di Tengah Eropa berkat daerahnya yang memiliki deretan pegunungan.









(1)     Letak Geografis dan Astronomis Negara Slovakia
The Slovakia Republic adalah nama resmi negara Slovakia memiliki letak geografis sebelah utara berbatasan dengan Rep Ceko dan Polandia sebelah barat Austria, sebelah selatan Hongaria dan sebelah Timur Ukraina. Memilki letak astronmis 480 9’ 0” N dan 170 7’ 0” E.
(2)     Bentang Alam
Memiliki bentang alam yang sangat indah, karena wilayahnya dilalui oleh pegunungan yang megah. Seperti High Tatras adalah pegunungan yang paling populer karena memiliki puncak tertinggi di Slovakia berada tepat antara Slovakia dan Polandia, sebagian besar  wilayah Slovakia adalah dataran tinggi.
(3)     Iklim
Terdapat empat musim di Slovakia, yakni: musim dingin (Desember-Februari) terkadang disertai hujan dan salju puncak terdingin  terjadi pada bulan Januari cuaca dapat mencapai -200C, musim semi (Maret-Mei) ditandai dengan cuaca dingin  rata-rata 90C cuaca pada musim semi sangat tidak stabil, musim panas (Juni-Agustus) bulan Juli adalah waktu terpanas sepanjang tahun, musim gugur (September-November) ditandai dengan cuaca angin basah dan pada awalnya terasa hangat dan cerah.
(4)     Kota-kota Penting
Banska Bystarica merupakan wilayah terbesar di Slovakia terletak di bagian selatan Slovakia mempunyai tiga taman nasional yakni Lembah Tatra, Muranska, dan Slovensky. Bratislava merupakan ibukota negara Slovakia daerah ini sangat strategis walaupun kota ini termasuk terkecil di antara daerah Slovakia lainnya. Kosice merupakan kota termaju kedua di Slovakia setelah Bratislava terdapat sungai besar yaitu sungai Bodrog.
(5)     Penduduk
Sejarah bangsa Slovakia adalah berawal dari satu gabungan dari dua negara yaitu Cekoslovakia. Mayoritas penduduk sekitar 94% penduduknya adalah bangsa Slovakia, 6% adalah kelompok minoritas Ceko, Polandia, Hongaria, Ukraina, Jerman dan Yahudi.
(6)     Perekonomian


e)    Polandia
Polandia secara administratif dibagi menjadi 16 provinsi yang dalam bahasa Inggris disebut voivodship atau Województwo dalam bahasa Polski. Setiap provinsi dibagi menjadi beberapa Powiat (semacam kabupaten, dan setiap Powiat dibagi menjadi beberapa Gmina (semacam kecamatan). Pada Zaman Kegelapan, seperti sebagian besar tempat di Eropa, Polandia dipimpin oleh banyak pangeran dan adipati, dan tidak ada satu pun di antara mereka yang memiliki banyak kekuasaan. Polandia negara berhutan paling lebat di benua Eropa.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/01/EC_map_of_poland.png/250px-EC_map_of_poland.png












(1)     Letak Geografis dan Astronomis Negara Polandia
52°13′LU 21°02′BT  merupakan letak astronomis negara Polandia. Polandia sebuah negara republik di Eropa Tengah yang memiliki geografis berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, Ceko dan Slovakia di sebelah selatan, Rusia (Kaliningrad), Lituania di sebelah timur laut dan Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon).
(2)      Bentang Alam
Struktur geologi Polandia telah dibentuk oleh tabrakan benua Eropa dan Afrika selama 60 juta tahun terakhir, di satu sisi, dan glasiasi Kuarter dari Eropa utara, di sisi lain. Terdapat gurun Błędów merupakan gurun terpanas yang muncul di daerah lintang utara. Gurun Błędów terbentuk pada ribuan tahun yang lalu oleh gletser yang mencair. Rata-rata ketebalan lapisan pasir sekitar 40 meter (131 kaki), dengan maksimum 70 meter (230 kaki), yang membuat drainase cepat dan masuk dengan sangat mudah.
(3)      Iklim
Polandia memiliki iklim subtropis yang bersifat peralihan antara iklim maritim dan kontinental. Hal ini disebabkan massa udara lembab dari Atlantik dengan udara kering dari bagian bawah benua Eurasia.   Musim semi terjadi pada bulan Maret atau April, menciptakan hari-hari yang cerah setelah periode musim dingin. Musim panas, yang dimulai dari bulan Juni sampai bulan Agustus, umumnya kurang lembab daripada musim dingin. Hujan dan badai bergantian dengan cuaca cerah kering yang dihasilkan ketika angin selatan lebih besar atau kuat. Awal musim gugur umumnya mempunyai cuaca yang cerah dan hangat sebelum jangka waktu hujan, cuaca dingin di bulan November mulai transisi ke musim dingin. Musim dingin, yang dapat berlangsung satu sampai tiga bulan, dan sering membawa badai salju terjadi, tetapi jumlah curah hujan relatif rendah.
(4)      Kota-kota Penting
Warsawa merupakan kota yang menjadi pusat pemerintahan Polandia, Danzig adalah kota pelabuhan terbesar di Polandia dan ibukota provinsi Pomorskie, Radom ialah sebuah kota di Polandia tengah merupakan tempat pertunjukan Random Air Show sebuah festival udara yang diadakan setahun sekali dikota tersebut, Krakow salah satu kota di Polandia ini memiliki arsitektur bangunan yang indah, Gdansk kota yang memiliki iklim lembut dan pantai yang indah dan terdapat beragam bangunan khas Eropa Timur yang klasik.
(5)      Penduduk
Penduduknya relatif homogen karena 97,8% berbahasa Polish dan berbangsa Poles (2002). namun demikian, Polandia merupakan salah satu negara yang mempunyai tradisi tolaransi pada minoritas, baik kepada agama, kebangsaaan, ras atau bentuk minoritas lain. Sejak tumbangnya komunis di Polandia dan Eropa Timur tahun 1989, Polandia mempunyai hasrat kuat melakukan perubahan ekonomi dan efektif penggabungan ke Uni Eropa sehingga mendapat dukungan penuh dari banyak negara Eropa.
(6)      Perekonomian
pengelolaan ekonomi dilakukan dengan transparant, semua sistem ekonomi dan parameternya difokuskan pada sistem ekonomi pasar dengan melakukan modernisasi sistim fiskal, mengembangkan sistim ekonomi terbuka, peningkatan kualitas SDM, pengelolaan ekonomi dan negara secara efisien dan perbaikan legislasi. Dengan begitu Polandia berharap akan berkembang dan menjadi pusat ekonomi Eropa.


f)    Austria
Republik Austria (bahasa Jerman: Republik Österreich) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah dan junta militer pada masa depan. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna.
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS4MAZwiliKxcyoRPdtf2-4K-VOgzpUN8Atu03gz9X0MpLEb-S4DA











(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Austria
Secara astronomis negara Austria adalah 480 12’ 0” N, 160 21’ 0” E, sedangkan secara geografis adalah Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna.
(2)   Bentang Alam
Bagian barat dan selatan Austria terletak di Pegunungan Alpen menjadikannya destinasi menarik untuk olahraga musim dingin. Gunung yang tertinggi di Austria ialah Grossglockner setinggi 3.798 m dari permukaan laut dan diikuti dengan Wildspitze (3.774 m).
(3)   Iklim
Austria terletak di zona iklim sedang dengan iklim Eropa Tengah dipengaruhi oleh iklim Atlantik. Empat musim (Spring, Summer, Fall dan Winter) masing-masing memiliki suhu yang khas dan karakter iklim. Musim panas hingga 95 derajat Fahrenheit / rata-rata: 68 derajat Fahrenheit, musim dingin sampai - 4 derajat Fahrenheit / rata-rata: 32 derajat Fahrenheit.
(4)   Kota-kota Penting
Kota-kota utama di Austria ialah Wina dan ibu kota negeri-negeri di Austria yaitu Sankt Pölten (St Pölten) adalah ibu kota Negara Bagian Lower Austria di timur laut Austria adalah kota terbesar di Lower Austria dengan undang-undang tersendiri (atau Statutarstadt), Linz adalah kota terbesar ketiga dari Austria dan ibukota negara bagian Upper Austria (Jerman: Oberösterreich), Salzburg Kota tua Salzburg (Altstadt) dengan arsitektur baroknya yang terkenal adalah salah satu pusat kota yang masih dipertahankan keasliannya di utara Pegunungan Alpen dan terdaftar sebagai Situs Kebudayaan Dunia oleh UNESCO pada 1997, Innsbruck, Bregenz, Klagenfurt, Graz dan Eisenstadt.
(5)   Penduduk
Etnis Jerman ialah etnis terbanyak di negara ini yakni lebih kurang 85% hingga 89% daripada populasi Austria. Lebih kurang 10% yang lain terdiri daripada pendatang yang berasal dari negara sekitar terutama sekali dari negara Blok Timur. Bahasa Jerman menjadi bahasa resmi pemerintahan dan digunakan oleh hampir keseluruhan penduduk Austria. Disebabkan muka Bumi yang berbeda, dialek Jermannya juga berbeda. Hampir semua kawasan menggunakan dialek Austro-Bavaria kecuali di barat Austria (Vorarlberg) yang menggunakan dialek Alemanik (Alemannic). Bahasa Jerman yang digunakan oleh Austria juga berbeda dari segi tata bahasa dengan bahasa Jerman di Jerman. Hampir tiga suku rakyat Austria beragama Katolik Roma. Lebih kurang 326.990 orang Austria beragama Islam (4%) dan 408.700 orang yang lain beragama Protestan. Orang Yahudi juga sudah lama menetap di Austria.
(6)   Perekonomian
Berdasarkan penghasilan per kapita, Austria adalah negara terkaya ke-12 di dunia. Austria mempunyai ekonomi pasaran maju dan taraf hidup yang tinggi. Ekonomi Austria mempunyai hubungan yang erat dengan ekonomi Kesatuan Eropa yang lain terutama sekali Jerman. Penyertaan dalam EU telah menarik banyak pekerja asing kerana kemudahan untuk memasuki pasaran tunggal Eropa. Pertumbuhan rendah di Jerman akan mengganggu pertumbuhan ekonomi Austria seperti yang terjadi pada tahun 2001. Mata uang yang digunakan adalah Euro. Euro pertama kali diedarkan di Austria pada tanggal 1 Januari 1999.
g)   Rusia
Federasi Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utaraAsia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina(Tiongkok; RRT), Kanada atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli warisutama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWkdYwQldTWHZoeSITTvwsaOUCazxspPm_FRIr_TgoxdhPftAtNQmi_fWXrnrBbatipubh9Iiw2SNr0HIQHDOjEThVewzx9XguqSZfz4CzcvtPavmRM1JQb512t9w9Z5ft0nCD_L013oCf/s1600/mapa-mudo-de-rusia.jpg
(1)     Letak Geografis dan Astronomis Negara Rusia
Secara astronomis negara Rusia adalah           55° 45' 0" N, 37° 37' 0" E. Perbatasan Berlawanan arah jarum jam dari arah Barat Laut:Berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia, Berbatasan dengan negara-negara Baltik yakni Estonia dan Latvia kemudian Belarusdan Ukraina, Laut Hitam, Georgia dan Azerbaijan, Laut Kaspia, KazakhstanRepublik Rakyat CinaMongolia dan Korea Utara, Samudra Pasifik utara meliputi Laut Jepang, Laut Okhotsk, dan Selat Bering (dengan pulau Big Diomede atau Ostrov Ratmanov yang memiliki jarak beberapa mil dari pulau Little Diomede, bagian dari Alaska (Amerika Serikat), Di sebelah utara dengan Samudra Arktik (Kutub Utara)

(2)     Bentang Alam
Gunung tertinggi : Gunung Elbrus(5.642 m).Sungai terpanjang : Yenisey-Angara(5.540 km) Wilayah Rusia berada pada benua Eropa, khususnya Eropa Timur serta benua Asia di mana Pegunungan Ural menjadi batas antara kedua benua. Wilayah paling luas adalah Siberia yang umumnya beriklim tundra. Karena letaknya di belahan bumi yang paling utara, maka wilayah perairan Rusia umumnya tertutupi es dengan beberapa laut yang bebas es yakni Laut BarentsLaut PutihLaut KaraLaut Laptev dan Laut Siberia Timur yang merupakan bagian dari Arktik atau kutub utara, serta Laut BeringLaut Okhotsk dan Laut Jepang yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik. Iklim di kawasan Rusia adalah Tundra, yang sangat dingin.
(3)     Iklim
Rusia memiliki iklim kontinental karena memiliki ukuran dan konfigurasi yang kompak.Iklim Rusia dipengaruhi oleh beberapa factor penentu. Sebagian besar iklim Rusia dipengaruhi oleh iklim eropa dan asia, kecuali untuk iklim tundra di Rusia dan ekstrim tenggara.Rusia hanya memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin, dengan interval yang sangat singkat.
(4)     Kota-kota Penting
(5)     Penduduk
Terdapat lebih dari 160 kelompok etnis dan suku-suku pribumi yang berbeda di Rusia. Menurut sensus tahun 2002, 79,8% penduduknya berasal dari suku Rusia, 3,8% suku Tatar, 2% suku Ukraina, 1,2 suku Bashkir, 1,1% suku Chuvash, 0,9% suku Chechen, 0,8% suku Armenia. 10,3% sisanya termasuk orang-orang yang tidak menyebutkan sukunya serta 0,56% suku Avar, 0,43% suku Azerbaijan, 0,56% suku Belarusiasuku Buryatsuku Hansuku Evenk, 0,14%Ingushsuku InuitYahudi, 0,36% suku Kabardinosuku Kalmyk, 0.13% suku Karacaysuku Karelia, 0,45% suku Kazakh, 0,20% suku Komisuku Korea, 0.42% suku Marisuku Mordvinsuku Nenetse, 0,35% suku Ossetiasuku Polandia, 0,17% suku Tuvansuku Udmurtsuku Uzbeksuku Yakut, dan lain-lain. Hampir seluruh dari kelompok-kelompok ini tinggal di kawasannya masing-masing; hanya suku Rusia yang dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di seluruh kawasan di negara tersebut.
(6)     Perekonomian
Rusia memiliki perindustrian yang cukup maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Industri yang dikenal antara lain industri perlengkapan dan peralatan militer, misalnya industri pesawat tempur, yang menghasilkan MiG dan Sukhoi serta helikopter, pesawat terbang, tank, rudal dan persenjataan ringan seperti senapan Kalashnikov. Selain itu ada pula industri berat seperti industri baja, pertambangan mineral, batu bara dan minyak bumi. Rusia juga memiliki industri pertanian yang digalakkan Stalin dengan pertanian kolektifnya. Sekalipun merupakan negara industri yang tergabung G-8, Rusia masih berusaha mengatasi masalah ekonominya agar mampu menjadi negara adikuasa kembali seperti ketika masa Uni Soviet.
h)   Belarusia
Belarus ialah negara pedalaman, relatif datar, dan memiliki bidang berawa yang besar. Danau dan sungai membentuk negeri ini. Daerah rawa terbesar ialah Polesia, yang merupakan salah satu rawa terbesar di Eropa. Ada 11.000 danau di Belarus, namun sebagian besar danau itu lebih kecil daripada 0,5 kilometer persegi (124 hektar). 3 sungai utama mengalir mengalir melalui negeri ini, Sungai NemanSungai Pripyat, dan Sungai Dnepr

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkHnICxubIrrjEwT0zPbvAESmvsXJOoNq0l0mCfKeOPWKuDZteMiptJUFXSpArlfpnAuSKEFNYIvQpkXLD3fZv5w0wYhrCS_Lehmrg-idfmh_8qO7fjfgH5_MkLi80fGO9SQMDMm3jG9s/s1600/Belarusia.gif
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Belarusia
Letak geografis negara Belarusia adalah Rusia ke timur dan timur laut, Latvia di sebelah utara, Lithuania ke arah barat laut, Polandia ke barat, dan Ukraina selatan. Ekstensi dari Utara ke Selatan adalah 560 km (350 mil), dari barat ke timur adalah 650 km (400 mil). Lintang Belarusia 530 0’ 0” N, 280 0’ 0” E 53, 28
(2)   Bentang Alam
Belarus, yang terkurung daratan, negara umumnya datar (elevasi rata-rata adalah 162 meter (531 kaki) di atas permukaan laut) tanpa batas alam, menempati area seluas 207.600 kilometer persegi (80.200 sq mi), atau sedikit lebih kecil dari Inggris atau negara dari Kansas. Northern Belarus memiliki medan berbukit dengan banyak danau dan pegunungan landai yang dibuat oleh puing-puing glasial . Di selatan , sekitar sepertiga wilayah republik sekitar Sungai Pripiac diambil oleh dataran rendah dataran berawa Palyessye , bersama dengan Ukraina , Polandia dan Rusia .
(3)   Iklim
Iklimnya berkisar dari musim dingin yang ganas (rata-rata suhu Januari berada pada kisaran −8 °C(18 °F) hingga −2 °C (28 °F)) hingga musim panas yang dingin dan basah (suhu rata-rata 15 °C (59 °F) hingga 20 °C(68 °F)). Belarus memiliki iklim benua dengan fitur beragam yang merupakan karakteristik untuk Eropa Tengah, dengan musim panas yang panas, panjang, musim dingin dan musim yang sangat berbeda. Hujan salju melimpah dapat terjadi di seluruh negeri dari Desember hingga awal Maret.
(4)   Kota-kota Penting
Minsk adalah ibu kota Belarus , Homyel adalah kota terbesar kedua di Belarus dan merupakan kota utama di Provinsi Homiel , Vitebsk kota ini terdapat salah satu bangunan tertua di Belarusia, Gereja Annunciation. Bangunan 6 pilar ini dibangun pada saat periode Kievan Rus. tahun 1140. , Hrodna, dan Brest merupakan Bangunan peringatan gaya Uni Soviet yang megah sekali dibangun di sini pada peperangan 1941 buat mengingat kembali pembela benteng yang dikenal maupun yang tak dikenal. Bangunan peringatan perang ini ialah daya tarik wisata terbesar di kota ini. 
(5)   Penduduk
Mayoritas penduduk Belarus ialah orang Belarus asli, yang menyusun 81,2% penduduk total 10.293.011 jiwa. Orang Rusia ialah kelompok terbesar ke-2 yang menyusun 11,4% penduduk. Berturut-turut orang Polandia dan Ukraina berjumlah sekitar 3,9% dan 2,4% penduduk. Bahasa yang umum diucapkan di Belarus ialah bahasa Rusia dan Belarus, yang keduanya menjadi bahasa resmi di Belarus. Kepadatan penduduk sekitar 50 jiwa per kilometer persegi (127/mil. persegi) dan 71,7% dari keseluruhan penduduk tinggal di daerah perkotaan. Dari penduduk kota, 24% tinggal di Minsk, ibukota nasional dan kota terbesar. Sebagian besar penduduk, 69,7%, antara usia 14 dan 64. 16% penduduk di bawah 14 tahun, sedangkan 14,6% berusia 65 k atas. Usia rata-rata penduduk ialah 37. Harapan hidup rata-rata warganegara Belarus ialah 68,72 tahun; untuk lelaki 63,03 tahun dan untuk wanita 74,96 tahun.
(6)   Perekonomian
Hutan meliputi sekitar 34 % keseluruhan bentang darat, membuat produk kehutanan SDA paling tertinggal di Belarus. SDA lain yang ditemukan di Belarus termasuk endapan tanah gemuk, sejumlah kecil minyak dan gas alam, granit,batu gamping, marl, kapur, pasir, kerikil, dan tanah liat. Sekitar seperlima wilayahnya, sebagian besar di provinsi bagian tenggara Homyel dan Mahilyow, terus dipengaruhi oleh jatuhan radioaktif akibat bencana ladang nuklir 1986 di Chernobyl, Ukraina. Saat jumlah radiasi telah berkurang (1%) sejak bencana, sebagian besar wilayah itu dianggap tak bisa dihuni.

i)     Ukraina

http://mahesya.files.wordpress.com/2010/12/peta-ukraina1.gif?w=300&h=153
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Ukraina
Ukraina berbatasan dengan Rusia di sebelah timur laut; Belarus di utara; PolandiaSlowakia dan Hongaria di barat; Rumania dan Moldavia di barat daya; danLaut Hitam serta Laut Azov di selatan. Dengan koordinat lintang 49°00′N 32°00′E.
(2)   Bentang Alam
Ukraina memiliki sedikit wilayah pegunungan. Hanya 5 persen wilayah Ukraina berupa pegunungan. Pegunungan berada di bagian barat yakni Pegunungan Karpatian dan di semenanjung Krimea. Sebagian besar wilayah Ukraina berupa dataran rendah.
(3)   Iklim
Ukraina memiliki iklim benua sedang dengan musim dingin yang sejuk dan musim panas yang relatif panas. Hanya pantai Krimea selatan Ukraina memiliki iklim subtropis lembab. iklim Ukraina dipengaruhi oleh udara lembab dari Samudra Atlantik. hujan di Ukraina tidak proporsional didistribusikan, dengan yang paling jatuh di sebelah barat dan utara, dan jatuh di timur dan tenggara. Juni dan Juli biasanya bulan terbasah. Sementara Februari biasanya terkering  bervariasi dari dingin sepanjang Laut Hitam ke dingin lebih jauh ke pedalaman, musim panas yang hangat di sebagian besar negara, dan cenderung sangat panas di selatan.
(4)   Kota-kota Penting
Kiev adalah ibu kota Ukraina Gereja Sofia terdapat di kota ini sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1990, Chernobyl adalah sebuah kota tak berpenghuni di Ukraina utara, Kharkov adalah kota terbesar kedua di Ukraina. Kota ini adalah ibukota pertama Ukraina Soviet.
(5)   Penduduk
Bangsa Ukraina (Ukraina: українці, ukrayintsi) merupakan bangsa asli Ukraina yang secara genetik dan budaya dengan suku Slavik Timur. Bangsa ini terutama menghuni di Ukraina. penduduk kecil lainnya umumnya berasal dari Kirgiztan, Kazakhstan, Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Kanada, Rusia dll. Mereka menuturkan bahasa Ukraina yang masih kerabat dari bahasa Rusia.
(6)   Perekonomian
Ekonomi Ukraina adalah pasar bebas yang sedang berkembang , dengan produk domestik bruto yang turun tajam selama 10 tahun pertama kemerdekaannya dari Uni Soviet , kemudian mengalami pertumbuhan yang pesat dari tahun 2000 hingga 2008 . Sebelumnya komponen utama dari perekonomian Uni Soviet , perekonomian negara mengalami resesi yang mendalam selama tahun 1990-an , termasuk hiperinflasi dan penurunan drastis dalam output ekonomi . Ukraina mengimpor 90 % minyak dan sebagian besar gas alam . Rusia peringkat sebagai pemasok utama Ukraina minyak , dan perusahaan Rusia sekarang memiliki dan mengoperasikan sebagian dari kapasitas penyulingan Ukraina . Impor gas alam berasal dari Rusia - yang memberikan gas sendiri , serta gas dari Turkmenistan . Sebaliknya , Ukraina mengangkut gas Rusia ke Uni Eropa melalui berkembang dengan baik sistem jaringan pipa gas menjadi koneksi Eropa sangat penting . Ketergantungan negara pada pasokan gas Rusia secara dramatis mempengaruhi ekonomi dan kebijakan luar negeri , terutama setelah sengketa gas utama baru-baru ini .
j)     Denmark
Kerajaan Denmark (bahasa DenmarkKongeriget Danmark) adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia.
http://www.euron.org/images/maps/denmarkX.gif
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Denmark
Secara astronomis negara Denmark adalah 56° 0′ 0″ N, 10° 0′ 0″ E 56, 10. Sedangkan secara geografis Satu-satunya batas darat Denmark adalah dengan Jerman, sedangkan tetangganya yang dibatasi oleh laut adalah Swedia di timur laut dan Norwegia di utara. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia
(2)   Bentang Alam
Denmark terdiri atas semenanjung Jutlandia (Jylland) dan 443 pulau bernama (total 1.419 pulau yang luasnya di atas 100 m²) Dari keseluruhan, 367 dihuni, dengan pulau terbesarnya adalah Sjælland (Zealand) dan Funen (Fyn).Negara ini datar dengan sedikit elevasi, dengan tinggi rata-rata 31 m di atas permukaan laut. Titik alam tertingginya adalah Møllehøj, berketinggian 170,86 m. Bukit lain di barat daya Århus adalah Yding Skovhøj pada ketinggian 170.77 m dan Ejer Bavnehøj 170.35 m. Areal dalam lautnya adalah: Denmark timur (210 km2); Denmark barat (490 km2).
(3)   Iklim
Iklimnya sedang. Musim salju tidak terlalu dingin dengan suhu rata-rata di bulan Januari dan Februari 0 °C dan musim panas yang dingin dengan suhu rata-rata di bulan Agustus 15.7 °C[24]. Rata-rata Denmark memiliki 121 hari berpresipitasi per tahun, rata-rata menerima 712 mm per tahun, musim gugur adalah musim paling basah dan musim semi adalah musim paling kering.
Karena Denmark ada di belahan utara, panjangnya siang dan malam bervariasi. Pada musim dingin matahari terbit pukul 09.00 dan terbenam pukul 16.00, sedangkan pada musim panas matahari terbit pukul 02.15 dan terbenam pukul 22.00. Hari terpendek diperingati sekitar Natal (bahasa Denmark: jul) biasanya malam Natal. Kata jól (kata benda jamak) menunjukkan bahwa masyarakat pra-Kristen merayakan hari terpendek dengan banyak perayaan. Upaya gereja Katolik untuk mengganti namanya menjadi kristmesse tidak berhasil. Perayaan hari terpanjang adalahsankthansaften (senja Santo Yohanes).
(4)   Kota-kota Penting
Kopenhagen (bahasa DenmarkKøbenhavn) adalah ibu kota Denmark. Nama ini berasal dari kata Købmandshavn, yang berarti "pelabuhan saudagar", Århus adalah kota pelabuhan utama dan pusat keuskupan wilayahnya di Denmark, Aalborg ialah kota terbesar ke-4 di Denmark, Aalborg ialah daerah asal Viking.
(5)   Penduduk
Menurut sampai 2012 angka dari Statistik Denmark, 89,6% dari penduduk Denmark lebih 5.580.516 adalah keturunan Denmark, didefinisikan sebagai memiliki setidaknya satu orang tua yang lahir di Denmark dan memiliki kewarganegaraan Denmark. Banyak dari 10,4% sisanya adalah imigran atau keturunan imigran baru (didefinisikan sebagai orang yang lahir di Denmark dari orang tua migran, atau orang tua tanpa kewarganegaraan Denmark)-dekat setengah dari mereka berasal dari negara-negara Skandinavia tetangga dan Jerman. Lainnya termasuk orang-orang dari Turki, Irak, Somalia, Bosnia dan Herzegovina, Asia Selatan, dan dari Asia Barat. Lebih dari 590 000 orang (10,4%) adalah pendatang dan keturunan mereka (142 000 migran generasi kedua yang lahir di Denmark.
(6)   Perekonomian
Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang mempunyai pendapatan tertinggi di dunia. Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. Dari tahun 2006 sampai 2008, survey mengatakan bahwa Denmark adalah "tempat yang paling menyenangkan di dunia", dipandang dari standar kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Denmark adalah salah satu dari negara yang paling tidak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru. Denmark adalah negara industri maju Barat, dengan produk nasional bruto rata-rata berada di barisan depan dunia. Kekurangan sumber daya alam. Kecuali minyak dan gas alam, cadangan tambang lainnya tidak banyak. Batu bara semuanya diimpor. Tingkat lingkup hutan mencapai 10% dengan luasnya tercatat 436.000 hektar. Maju di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan bahan makanan. Industri menempati posisi dominasi dalam ekonomi nasional, dan usaha kecil dan menengah adalah soko guru ekonomi. Perdagangan luar negeri berperan penting dalam ekonomi nasional. Pariwisata adalah industri terbesar di antara industri jasa. Jumlah wisatawan asing ke Denmark tiap tahun rata-rata tercatat 2 juta orang.
k)   Finlandia
Republik adalah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia,Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Ibukota negara penghasil telepon genggam Nokia dan negeri kelahiran Angry Birds ini adalah Helsinki

http://www.meteoweb.eu/wp-content/uploads/2012/10/1211591842finlandia.gif
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Finlandia
Secara astronomis terletak negara Finlandia 64º 00´ N 26º 00´E, secara geografis Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia,Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.
(2)   Bentang Alam
Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur. Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Åland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetapbertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.
(3)   Iklim
Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.
(4)   Kota-kota Penting
Helsinki adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia dan menjadi pusat bisnis negara Finlandia, Espoo adalah sebuah kota di kawasan Uusimaa, di pesisir selatan Finlandia. Espoo memiliki penduduk terbanyak kedua setelah Helsinki, Vantaa adalah kota terbesar keempat di Finlandia terdapat lapangan terbang terbesar di Finlandia Selain itu, dan menjadi kota kesepakatan damai Antara Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).
(5)   Penduduk
Secara singkat, penduduk Finlandia kebanyakan terdiri dari mayoritas Suku Finn dan minoritas orang-orang Swedia Finlandia sehingga bahasa resminya adalah bahasa Finlandia dan Swedia. Bahasa minoritas lainnya adalah bahasa Rusia dan Estonia. Populasi Finlandia kebanyakan berpusat di daerah selatan. Kota-kota di daerah itu adalah Daerah Metropolitan Helsinki yang mencakup Helsinki, Espoo, dan Vantaa. Kota-kota lainnya adalah Tampere, Turku, Oulu, Lahti, Kuopio dan Jyväskylä.
(6)   Perekonomian
Finlandia memiliki industri maju , ekonomi campuran dengan output per kapita setara dengan negara barat lainnya seperti Perancis , Jerman , Swedia atau Inggris . Sektor terbesar dari perekonomian jasa di 65,7 persen , diikuti oleh manufaktur dan menyempurnakan pada 31,4 persen . Produksi primer adalah 2,9 persen . Sehubungan dengan perdagangan luar negeri , sektor ekonomi utama adalah manufaktur . Industri terbesar adalah elektronik ( 21,6 persen ) , mesin , kendaraan dan produk logam lainnya direkayasa ( 21,1 persen ) , industri kehutanan ( 13,1 persen ) , dan bahan kimia ( 10,9 persen ) . Finlandia memiliki kayu dan beberapa sumber daya mineral dan air tawar . Kehutanan , pabrik kertas , dan sektor pertanian ( di mana wajib pajak menghabiskan sekitar € 2000000000 per tahun ) secara politis sensitif terhadap penduduk pedesaan .
l)     Swedia
Sebuah negara Kerajaan Swedia adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa yang ibukotanya adalah Stockholm. Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur. Pada tahun 1995 Swedia bergabung dengan Uni Eropa namun, sampai sekarang Swedia masih belum bergabung dengan Persatuan Moneter Eropa. Swedia termasuk negara maju dan rakyatnya mendapatkan pelayanan publik yang baik.

http://m.bisnisaceh.com/images/web/november/sweden.jpg
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Swedia
Secara astronomis negara Swedia terletak 62° 0′ 0″ N, 15° 0′ 0″ E 62, 15, sedangkan secara geografis berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur.
(2)   Bentang Alam
Daerah Swedia terletak di belahan bumi utara dan di utara, terdapat wilayah di dalam Lingkaran Arktik namun beriklim sedang. Di sebelah timur, wilayahnya dibatasi Laut Baltik dan Teluk Bothnia. Batasnya di barat dengan Norwegia adalah Pegunungan Skandinavia. Kepadatan penduduk cenderung lebih tinggi di daerah selatan yang mayoritas agrikultur dan semakin ke utara, hutan semakin lebat.
(3)   Iklim
Swedia memiliki iklim lebih ringan daripada kebanyakan daerah lain di dunia yang terbentang sejauh utara. Iklim Swedia dipengaruhi oleh Gulf Stream, aliran hangat laut yang mengalir di lepas pantai barat Norwegia. Banyak danau Swedia dan jurang Bothnia memberikan Swedia umumnya iklim yang relatif ringan. Suhu bulan Juli di Swedia rata 13 sampai 17 ° C. Februari biasanya bulan terdingin Swedia, dengan suhu dari - 22 ° C. ke -3 Di Swedia utara, musim dingin suhu sering turun ke -30 ° C, kadang-kadang bahkan lebih rendah. Salju menutupi tanah di Swedia selatan dari Desember hingga April, dan di Swedia utara salju pertama seringkali bulan Oktober. Sebagian besar negara ini terkepung oleh es di musim dingin, tetapi kapal icebreaking khusus menjaga pelabuhan utama terbuka.
(4)   Kota-kota Penting
Stockholm adalah pusat bisnis negara ini dan sebagai ibukota negara Swedia, dan merupakan tujuan yang kosmopolitan dan keren yang merupakan tempat bagi berbagai bangsa, Gothenburg adalah kota kedua terbesar di Swedia dan merupakan pelabuhan laut Nordik terbesar, Malmö sangat terkenal karena pemandangan gedung-gedung pencakar langitnya yang luar biasa, banyaknya restoran kelas atas dan daya tarik multikulturalnya. 
(5)   Penduduk
Pada 12 Agustus 2004, populasi Swedia mencapai angka 9 juta jiwa dan memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi dibanding negara-negara umumnya. Penduduk aslinya adalah Orang Sami. Sebagian besar orang Finn Swedia adalah pendatang atau keturunan pendatang dari abad ke-20namun terdapat sekitar 50.000 suku Finn asli yang merupakan salah satu minoritas di Swedia. Setelah Perang Dunia II, Swedia banyak menerima pendatang terutama karena perang di negara lain seperti dari Irak, Iran, Yugoslavia, dan Palestinaserta orang-orang Amerika Serikat yang tidak ikut Perang Vietnam. Namun, kelompok imigran terbesar adalah suku Finn dari Finlandia.
(6)   Perekonomian
Perekonomian Swedia adalah ekonomi yang beragam berorientasi ekspor yang dikembangkan dibantu oleh kayu , tenaga air , dan bijih besi . Ini merupakan basis sumber daya ekonomi berorientasi pada perdagangan luar negeri . Industri utama meliputi kendaraan bermotor , telekomunikasi , farmasi , mesin industri , peralatan presisi , barang kimia , barang-barang rumah dan peralatan , kehutanan , besi , dan baja . Secara tradisional ekonomi pertanian modern yang digunakan untuk mempekerjakan lebih dari setengah dari tenaga kerja dalam negeri , saat ini Swedia mengembangkan lebih lanjut teknik industri , tambang , baja , dan pulp yang kompetitif secara internasional.
m)  Spanyol
Spanyol adalah negara demokrasi yang diselenggarakan dalam bentuk pemerintahan parlementer di bawah monarki konstitusional. Ini adalahnegara maju dengan ekonomi terbesar ketiga belas di dunia dengan PDB nominal. Spanyol juga memiliki standar hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan kesepuluh tertinggi peringkat indeks di dunia pada 2005. Spanyol adalah anggota Perserikatan Bangsa-BangsaNATOOECD, dan WTO.
http://www.sufiz.com/wp-content/uploads/2012/08/peta-spanyol.jpg
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Spanyol
Secara astronomis negara Spanyol adalah 400 00´ N 4º00´W, sedangkan secara geografis adalah dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia.
(2)   Bentang Alam
Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialahMadrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga. Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.
(3)   Iklim
Tiga zona iklim utama dapat dipisahkan, sesuai dengan situasi geografis dan kondisi orografis: Iklim Mediterania, ditandai dengan musim panas yang kering dan hangat. Menurut klasifikasi iklim Köppen, itu dominan di semenanjung, dengan dua varietas: Csa dan Csb, Iklim semi kering (BSH, BSK), terletak di kuartal tenggara negara, terutama di wilayah Murcia dan di lembah Ebro. Berbeda dengan iklim Mediterania, musim kemarau melampaui musim panas.
Iklim laut (CFB), terletak di kuartal utara negara itu, terutama di wilayah Basque Country, Asturias, Cantabria dan sebagian Galicia. Dalam bertentangan dengan iklim Mediterania, suhu musim dingin dan musim panas dipengaruhi oleh lautan. Terlepas dari tipe-tipe utama, sub-jenis lainnya dapat ditemukan, seperti iklim alpine di Pyrenees dan Sierra Nevada, dan iklim subtropis khas di Kepulauan Canary.
(4)   Kota-kota Penting
Madrid adalah ibu kota dan kota terbesar di Spanyol dan pusat keuangan negara Spanyol, Toledo adalah Kota yang  ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986 oleh karena warisan budaya dan monumentalnya sebagai bekas ibu kota Kekaisaran Spanyol dan tempat percampuran budaya KristenYahudi, dan Moor pada masa Al-Andalus, Barcelona kota ini berperan sebagai galeri hidup dari arsitektur dan dekorasi bergaya modernis dan Art Nouveau (Seni Baru). Kuil-kuil dan bangunan karya arsitek Antoni Gaudí, gereja abad pertengahan, sisa tembok Romawi dan plaza serta tempat orang berjalan-jalan-semuanya terkesan istimewa.
(5)   Penduduk
Kelahiran asli warga Spanyol dari semua kelompok etnis membentuk 86 % dari total populasi , dan 14 % adalah imigran . Di antara imigran , sekitar 57 % dari mereka berasal dari bekas koloni Spanyol di Amerika Latin ( termasuk dari Kuba , Argentina , Ekuador , Puerto Rico , Chili dan Uruguay ) , Afrika dan Asia Filipina . Sisanya sebagian besar Eropa Timur ( terutama Rumania , Bulgaria , Rusia , Serbia , Kroasia , Bosnia , Ukraina dan Albania ) , Utara dan Afrika Barat ( terutama Maroko , Aljazair , Senegal , Guinea , Nigeria dan Kamerun ) , masyarakat Timur Tengah termasuk Lebanon dan masyarakat Suriah , India, Pakistan dan Cina , serta sejumlah besar dari warga dari Uni Eropa , pada 2007 sebagian besar Rumania , Inggris , Portugis , Polandia ( Eropa Tengah ) , dan Jerman .
(6)   Perekonomian
Spanyol memiliki ekonomi terbesar ketiga belas oleh GDP nominal di dunia, dan keempat belas terbesar dengan paritas daya beli. Ekonomi Spanyol adalah terbesar kelima di Uni Eropa , dan terbesar keempat di zona euro , berdasarkan statistik PDB nominal . Pada tahun 2012 , Spanyol merupakan eksportir terbesar kedelapan belas - di dunia dan pengimpor terbesar keenam belas.
n)   Italia
Italia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan PerancisSwissAustria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/10/Map_of_Italy-es.svg/220px-Map_of_Italy-es.svg.png
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Italia
Secara astronomis negara Italia terletak pada 35 ° dan 48 ° N, dan bujur 6 ° dan 19 ° E. Sedangkan geografisnya adalah . Italia berbatasan dengan PerancisSwissAustria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara.
(2)   Bentang Alam
Italia terletak di Eropa selatan dan terdiri dari panjang, boot berbentuk Italia Peninsula, sisi selatan Pegunungan Alpen, dataran besar Po Valley dan beberapa pulau termasuk Sisilia dan Sardinia. ampir 40% dari wilayah Italia adalah pegunungan, dengan Alpen sebagai batas utara dan Pegunungan Apennine membentuk tulang punggung semenanjung dan memperluas untuk 1.350 km (840 mil). Di antara dua terletak besar polos di lembah Po, sungai terbesar di Italia, yang mengalir 652 km (405 mil) timur dari Cottian Alps ke Laut Adriatik. The Po Valley adalah dataran terbesar di Italia, dengan 46.000 km2 (18.000 sq mi), dan mewakili lebih dari 70% dari total luas dataran di negara ini.The Alpine pegunungan dihubungkan dengan apennines dengan Colle di Cadibona lulus di Liguria Alpen. Pegunungan di seluruh dunia dikenal di Italia Matterhorn (Cervino), Monte Rosa, Gran Paradiso di Pegunungan Alpen Barat, dan Bernina, Stelvio dan Dolomites di sepanjang sisi timur pegunungan Alpen. Puncak tertinggi di Italia adalah Mont Blanc, pada 4.810 meter (15.780 kaki) di atas permukaan laut.
(3)   Iklim
Iklim di Italia sangat beraneka ragam, ini dipengaruhi oleh bentuk semenanjung yang besar dan membujur, dan sebagian besarnya bergunung-gunung. Di sebagian besar pedalaman utara dan tengah, iklim merentang dari subtropis basah sampai kontinental basah dan iklim lautan. Secara khusus, iklim di wilayah geografis Lembah Po adalah kontinental, dengan musim dingin yang keras dan musim panas yang terik. Wilayah pesisir Liguria,Toskana, dan sebagian besar Italia Selatan pada umumnya memenuhi stereotip iklim mediterania (klasifikasi iklim Köppen Csa). Kondisi di wilayah pesisir semenanjung bisa sangat berbeda dibandingkan daratan tinggi dan lembah di pedalaman, khususnya pada musim dingin ketika daratan tinggi cenderung lebih dingin, lembap, dan seringkali bersalju. Kawasan pesisir memiliki musim dingin yang sedang dan musim panas yang umumnya hangat dan kering, meskipun lembah-lembah di daratan rendah bisa menjadi cukup terik pada musim panas. Suhu rata-rata musim dingin bervariasi dari 0°C di Alpen sampai 12°C di Sisilia, sedangkan pada musim panas suhu bervariasi dari 20°C sampai 30°C atau lebih.
(4)   Kota-kota Penting
Roma adalah ibu kota Italia dan kota terbesar di negara Italia, Milan (Milano dalam bahasa Italia, dan Milán dalam dialek Milan, dari bahasa LatinMediolanum yang berarti 'di tengah hamparan') adalah kota utama di sebelah utara Italia dan pusat belanja tertua di dunia, Napoli merupakan kota terbesar ketiga di Italia kaya akan tradisi, sejarah, seni dan kebudayaan, dan dikenal sebagai tempat asal pizza serta terkenal akan es krimnya (dinamakan neapolitano).
(5)   Penduduk
Italia digunakan untuk menjadi sebuah negara emigrasi massal dari akhir abad 19 sampai tahun 1970-an . Antara 1898 dan 1914, tahun puncak diaspora Italia , sekitar 750.000 Italia beremigrasi setiap tahun . masyarakat Italia setelah berkembang di koloni-koloni Afrika mantan Eritrea ( hampir 100.000 pada awal Perang Dunia II ) , dan Somalia Libya ( 150.000 Italia menetap di Libya , yang merupakan sekitar 18 % dari total penduduk ) . Semua Libya Italia diusir dari negara Afrika Utara pada tahun 1970 . Selain itu , setelah pendudukan komunis Istria tahun 1945 , hingga 350.000 etnis Italia meninggalkan Titoist Yugoslavia .Pada akhir 2000-an penduduk asing yang lahir dari Italia adalah dari : Eropa ( 54 % ) , Afrika ( 22 % ) , Asia ( 16 % ) , Amerika ( 8 % ) dan Oceania ( 0,06 % ) . Distribusi imigran sebagian besar tidak merata di Italia : 87 % dari imigran tinggal di bagian utara dan tengah negara itu ( daerah yang paling ekonomis dikembangkan ) , sementara hanya 13 % tinggal di bagian selatan semenanjung .
(6)   Perekonomian
Italia memiliki beberapa sumber daya alam . Tidak ada cadangan besar besi, batu bara , atau minyak . Cadangan gas alam terbukti , terutama di Po Valley dan lepas pantai Adriatic , telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan sumber daya mineral yang paling penting di negara itu . Sebagian besar bahan baku yang diperlukan untuk pembuatan dan lebih dari 80 % sumber energi negara itu diimpor . Sektor energi sangat tergantung pada impor dari luar negeri : tahun 2006 negara itu mengimpor lebih dari 86 % dari konsumsi energi total ( 99,7 % dari permintaan bahan bakar padat , 92,5 % minyak , 91,2 % dari gas alam dan 15 % listrik ). Gambaran grafis dari ekspor produk Italia dalam 28 kategori warna . Dalam dekade terakhir , Italia telah menjadi salah satu produsen terbesar di dunia dari energi terbarukan , peringkat sebagai produsen energi surya terbesar kelima di dunia pada tahun 2009 dan produsen terbesar keenam dari tenaga angin pada tahun 2008 .
o)   Yunani
Yunani (bahasa Yunani modern: Ελλάδα [Elláda], historis: Ελλάς [Ellás]; bahasa InggrisGreece), secara resmi bernama Republik Hellenik(Elliniki Dimokratiabahasa Indonesia: Republik Yunani), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan/tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah (Mediterania).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4MZAw9fpFG12vGM_4pVJOEU4p0NhSzmAjJ4P1oxWiZV_5dk-H0WtX5VEvf9GMmTrytsjmKMir9mRGWVJhaHvFeoLzxNasPsJlD_JU_VM4yQAUQXrrkwmSN5tZ3tKB5lnzm_wOdBpXZ-hY/s1600/3+Peta+Negara+Yunani.jpg
(1)   Letak Geografis dan Astronomis Negara Yunani
Secara geografis negara Yunani adalah Utara berbatasan dengan Albania, Bulgaria dan Republik Makedonia (Republik Makedonia bekas Yugoslavia), Timur berbatasan dengan Turki dan Laut Aegea, Selatan: Laut Tengah (Mediterranean), Barat: Laut Ionia. Sedangkan secara astronomis adalah 390 0N 22º 00´E.
(2)   Bentang Alam
Yunani mempunyai garis pantai terpanjang ke-11 di dunia, sepanjang 13.676 km (8,498 mil), dengan banyak kepulauan (sekitar 1.400, di mana 227 dihuni), termasuk pulau Kreta (Crete), the Dodecanesethe Cyclades, dan kepulauan Ionia. Delapan puluh persen tanah Yunani terdiri dari pegunungan. Gunung tertinggi adalah Gunung Olympus 2.917 m (9.570 kaki).
(3)   Iklim
Iklim di Yunani didominasi Mediterania. Namun, karena geografi yang unik di negara itu, Yunani memiliki jangkauan yang luar biasa iklim mikro dan variasi lokal. Untuk sebelah barat pegunungan Pindus, iklim umumnya basah dan memiliki beberapa fitur maritim. Di sebelah timur pegunungan Pindus umumnya kering dan berangin di musim panas. Puncak tertinggi adalah Gunung Olympus di 9.570 kaki (2,916.9 m) tinggi. Wilayah utara dari Yunani memiliki iklim peralihan antara daratan dan climate.There Mediterania adalah daerah pegunungan yang memiliki iklim alpine.
(4)   Kota-kota Penting
Athena merupakan ibu Kota negara Yunani dan asal dari peradaban barat karena berbagai pencapaian kebudayaannya pada abad ke-4 dan ke-5 dan membuatnya kaya akan berbagai bangunan, monumen, dan karya seni kuno, Thessaloniki sering disebut secara internasional sebagai Salonica adalah kota terbesar kedua di Yunani.
(5)   Penduduk
Menurut sensus tahun 2001, Yunani memiliki populasi sebanyak 10.964.020 jiwa. 58,8% diantaranya tinggal di daerah perkotaan, sisanya sebesar 28,4% tinggal di pedesaan. Populasi di dua kota terbesar Yunani, Athena dan Tesaloniki, hampir mencapai 4 juta orang. Meskipun populasi Yunani terus berkembang, Yunani tetap saja masih menghadapi masalah demografis yang cukup serius. Tahun 2002 adalah tahun pertama di mana jumlah kematian lebih besar daripada jumlah kelahiran. Jumlah imigran yang menetap di Yunani saat ini diperkirakan mencapai lebih dari satu juta jiwa. Sebanyak 65% datang dari Albania yang mengundang konflik karena perbatasan Yunani-Albania dibuka tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Yunani. Orang Albania seringkali dilecehkan dan dieksploitasi di Yunani. Belakangan ini mereka juga mendapat reputasi sebagai pembuat onar dan pelaku tindak kejahatan terbanyak. Akan tetapi, saat ini banyak orang Yunani yang mau mengakui
kontribusi mereka kepada perekonomian negara. Selain dari Albania, ada sejumlah kecil imigran yang berasal dari Bulgaria, Serbia, Rumania, Pakistan, Ukraina, Belarusia, Polandia, Mesir, Palestina, Etiopia, Bangladesh, Cina, dan Georgia. Jumlah pastinya tidak diketahui karena kebanyakan menetap secara ilegal.

(6)   Perekonomian
Negara ini memiliki standar hidup yang tinggi, berada di urutan ke-24 dalam Indeks Pembangunan Manusia 2005 dan ke-22 dalam Indeks Kualitas Hidup Dunia 2005 versi The Economist [2]. Ekonominya terus meningkat dalam tahun-tahun belakangan ini, sejalan dengan pemerintah yang mengetatkan kebijakan fiskal dalam rangka kemasukan Yunani ke dalam Zona Euro pada 1 Januari 2001. Pendapatan per kapita rata-rata pada 2004 diperkirakan AS$22.000 [3]. Yunani juga melakukan impor tenaga kerja (kebanyakan dari Eropa Timur, Timur Tengah, Pakistan, dan Afrika). Orang-orang dari daerah tersebut sekarang ini sekitar 10% dari populasi total.



No comments:

Post a Comment