Tuesday, April 21, 2020

Hakikat Geografi

Hakikat Geografi

Pada hakikatnya studi geografi adalah pengkajian keruangan tentang fenomena dan masalah kehidupan manusia yang disusun dari hasil obeservasi dengan melakukan analisis fenomena manusia, alam serta persebaran dan interaksinya dalam ruang, yaitu fenomena bumi.

Pertanyaan pokok pada hakikat geografi adalah:
1. APA fenomena yang terjadi?
2. DIMANA fenomena itu terjadi?
3. KAPAN fenomena tersebut terjadi?
4. MENGAPA fenomena itu terjadi?
5. SIAPA saja yang mengalami?
6. BAGAIMANA usaha-usaha mengatasinya?

Prinsip Geografi

1. Prinsip distribusi
Digunakan untuk menelaah gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata. Fenomena geografi yang diteliti bisa berupa bentang alam, tumbuhan, hewan dan manusia
Tujuan lain penggunaan prinsip penyebaran ini juga dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya secara menyeluruh. Selain itu adanya prinsip distribusi dapat digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang.
Contoh: 
Persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia
Persebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya

Persebaran total penduduk transmigran di Indonesia yang tidak merata

2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)
Digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala  yang lain dalam suatu ruang. Tujuan prinsip ini juga berfungsi untuk menguraikan hubungan yang ada di dalam ruangan tersebut antara satu gejala dengan gejala yang lainnya.
Adanya hubungan yang saling terkait antara alam dan manusia menyebabkan dibutuhkannya prinsip keterkaitan atau sebab-akibat ini. Interelasi dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.
Contoh:
Kekeringan yang terjadi sebagai dampak adanya fenomena La Nina
Fenomena banjir akibat adanya penebangan hutan di wilayah hulu
Kondisi iklim di Indonesia yang dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia

3. Prinsip Deskripsi
Merupakan prinsip yang digunakan untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat diamati. Memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai karakteristik yang spesifik pada gejala-gejala geografi.
Baik tulisan, tabel, gambar dan grafik yang disajikan melalui fakta, gejala dan masalah sebab-akibat secara kualitatif atau pun kuantitatif.
Contoh:
Tabel angka pengangguran di provinsi Jawa Timur
Grafik peta lempeng tektonik di dunia
Peta wilayah lautan di kawasan Asia Tenggara
Gambar persebaran curah hujan di Indonesia

4. Prinsip Korologi (campuran)
Prinsip geografi yang memadukan dari gabungan tiga prinsip geografi yang sudah dibahas sebelumnya. Fungsi prinsip korologi ini bertujuan untuk menelaah gejala, fakta maupun permasalahan yang ada di suatu tempat yang ditinjau dari persebarannya, interelasinya, interaksinya dan integrasinya dalam ruang tertentu.
Prinsip korologi ini merupakan prinsip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip lainnya yaitu prinsip distribusi, prinsip interelasi serta prinsip deskripsi dalam satu prinsip yang disebut prinsip korologi. Prinsip ini juga termasuk sebagai ciri-ciri geografi modern.

No comments:

Post a Comment