Monday, April 20, 2020

Konsep Geografi

10 Konsep Dalam Geografi 

1. Konsep Lokasi

konsep yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dimana  (where) terjadinya suatu fenomena. Terdiri  dari lokasi absolut  (6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT) dan relatif (Bagi seseorang yang tinggal di Kecamatan Gambir, lokasi Monas tidaklah jauh. Namun  bagi seseorang yang tinggal di Kecamatan Piok, lokasi Monas cukup jauh).

2. Konsep jarak
Jarak biasanya juga berkaitan dengan kehidupan sosial  ekonomi dan bersifat relatif. Misalnya, Harga tanah akan semakin mahal jika jaraknya berdekatan dengan jalan raya
Harga produksi pertanian akan lebih mahal pada pasar yang letaknya jauh dari pusat produksi.

3. Konsep keterjangkuan
Berkaitan erat dengan keadaan permukaan bumi dan ketersediaan sarana serta prasarana transportasi. misalnyaDaerah yang terletak dipedalaman hutan yang lebat akan terisolir dengan daerah luar karena tidak adanya akses untuk menuju ke sana.

4. Konsep pola
Berkaitan dengan persebaran fenomena geosfer dipermukaan bumi. Misalnya, Pola permukiman penduduk biasanya terkait dengan ketersediaan SDA, sungai, jalan, bentuk lahan.

5. Konsep morfologi
Berkaitan dengan bentuk permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga endogen dan eksogen. Misalnya, daerah pegunungan cocok digunakan untuk pertanian perkebunan.

6. Konsep Aglomerasi
Berkaitan dengan kecenderungan penyebaran objek geografi dipermukaan bumi. Misalnya,
Adanya daerah kumuh dan daerah elit,

Pengelompokkan industri di suatu tempat (aglomerasi industri).

7. Konsep nilai kegunaan
Berkaitan dengan manfaat dari fenomena yang ada dipermukaan bumi yang bersifat relatif. Misalnya, Bagi sebagian orang museum merupakan tempat yang menarik karena dapat memberikan banyak informasi.

8. Konsep Interaksi (Interdependensi)
Berkaitan dengan hubungan antar fenomena geosfer. Misalnya, karena adanya perbedaan kebutuhan, maka terjadi interaksi antara kota dengan desa.

9. Konsep Differensiasi Area

Berkaitan dengan perbedaan corak antarwilayah dipermukaan bumi, dengan ciri khusus yang dapat dibedakan dengan wilayah lainnya

10. Keterkaitan Keruangan
Keterkaitan keruangan artinya hubungan antara persebaran suatu fenomena dengan fenomena lainnya disuatu tempat. Misalnya, Karena pegunungan memiliki suhu yang sejuk, maka teh dan kopi dapat tumbuh dengan baik.





No comments:

Post a Comment