Sunday, April 19, 2020

Pengertian Geografi

Apa sih Geografi itu?

Dari bahasa yunani Geo (bumi) dan  Graphein (tulisan)

Menurut Seminar Lokakarya di Semarang Geografi ialah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.


Eratosthenes istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Claudius Ptolomaeus  Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Preston E james geografi sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi lain .

Strabo Geografi erat kaitanya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubunganya antar wilayah secara keseluruhan.

Bintarto geografi mempelajari gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Imanuel Kant geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.



No comments:

Post a Comment